Saturday, June 1, 2013

Perancangan Dan Pembuatan Alat Kontrol Penghangat Air Minum Berbasis Mikrokontroler Atmega8535

  
-->
KATA PENGANTAR


            Puji syukur penulis haturkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa Sri Krishna dan kehadapan guru kerohanian penulis Ida Vaisnava Damodara Pandit Dasa , atas Asung Kerta Wara Nugraha-Nya kepada penulis dalam proses penyelesaian Tugas Akhir dengan judul “Perancangan dan Pembuatan alat kontrol penghangat air minum berbasis mikrokontroler atmega8535” ini tepat pada waktunya.
Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu di dalam penyelesaian penyusunan laporan Tugas Akhir ini sehingga sesuai dengan yang diharapkan.
Adapun ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada :
  1. Bapak Prof. Dr. I Nyoman Sudiana M. Pd., selaku Rektor Universitas pendidikan Ganesha.
  2. Ibu Dra. I Dewa Ayu Made Budhyani,M.Pd., selaku Dekan Fakultas Teknik  dan Kejuruan Universitas pendidikan Ganesha.
  3. Bapak Made Santo Gitakarma,ST.,M.T.,  selaku Ketua Jurusan Diploma III Teknik Elektro pada Universitas pendidikan Ganesha. Dan selaku pembimbing I yang dengan sabar memberikan petunjuk, bimbingan dan pengarahan dari awal hingga terselesainya Tugas Akhir ini.
  4. Bapak Ketut Udy Ariyawan, S.T.,M.T., selaku pembimbing II yang dengan kesabaran hati memberikan bimbingan dan motivasi kepada penulis sehingga Tugas Akhir ini dapat terselesaikan.
  5. Ida Vaisnava Pandita Damodara Pandit Dasa selaku guru krohanian saya yang selalu memberikan dukungan secara rohani oleh beliau. Dan teman-teman di ashram yang selalu memberikan semangat kepada saya untuk terus maju.
  6. Ibu dan Bapak yang tercinta serta kakak dan keponakan yang saya sayangi yang senantiasa memberikan motivasi dan semangat moral maupun material untuk keberhasilan penulis dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini.
  7. Rekan-rekan mahasiswa Diploma III Teknik Elektro yang telah memberikan saran dan dukungan moral sehingga bisa menyelesaikan Tugas Akhir ini dengan baik.
Penulis menyadari laporan Tugas Akhir ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan. Untuk itu diharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun guna kesempurnaan laporan ini. Semoga Tugas Akhir ini dapat bermanfaat bagi pembaca.





Singaraja,    Juni 2012



Penulis
 
 




Perancangan Dan Pembuatan Alat Kontrol Penghangat Air Minum Berbasis Mikrokontroler Atmega8535
                                                                                                          
Oleh :
I Dewa Nym. Narayana Prasada
0905031002
Jurusan Teknik Elektronika


ABSTRAK
                                                                                         

Penghangat air merupakan suatu perangkat keluaran (output) berupa air hangat atau komponen elektronika yang digunakan untuk menghangatkan air minum . Pada pemanas air pada umumnya permasalahan yang sering terjadi adalah pada tingkat suhu yang kita inginkan untuk dapat kita minum. Pemanas air pada umumnya kurang disertakan dengan alat kontrol suhu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dirancang dan dibuat alat kontrol penghangat air minum mikro Atmega 8535. Hasil penelitian menunjukkan alat kontrol penghangat air minum yang dibuat bekerja dengan baik dan normal dengan Toleransi suhu ± 5˚.Alat ini dirancang dengan tampilan di LCD, untuk mengetahui suhu yang kita inginkan. Menggunakan sensor LM35 untuk membaca suhu .

Kata kunci: kontrol dan penghangat air










BAB 1
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
            Perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir ini mengakibatkan semakin cepat perubahan yang ada di dunia. Salah satu teknologi yang mengalami perkembangan pesat adalah elektronika. Dari tahun ke tahun akan selalu ditemukan alat untuk memudahkan atau mempercepat pekerjaan-pekerjaan manusia. Kemudahan dari hal ini semakin memanjakan manusia dalam kehidupannya sehari-hari.
            Dalam beberapa kondisi tertentu, seseorang terkadang membutuhkan air hangat sekitar temperatur 30°C – 70°C untuk mandi dan minum kopi atau susu, misalnya pada pagi hari dan malam hari dan terutama pada daerah pegunungan. Pada saat temperatur udara masih dingin, dimana orang harus minum setiap hari sebelum mulai melaksanakan aktivitas rutin dan saat seseorang ingin menyegarkan badan dengan minum air hangat setelah seharian lelah bekerja. Air merupakan komponen utama dari sel dan jaringan tubuh manusia.
            Air hangat juga dibutuhkan saat kondisi tubuh kurang sehat, jika memaksakan diri untuk minum dengan air dingin, maka bisa dipastikan kondisi tubuh akan memburuk. Maka dari itulah di butuhkan sesuatu alat penghangat air.
Banyak dipasaran dapat dijumpai tentang penghangat air. Dengan memakai pemanas air atau yang lebih populer disebut dengan water heater saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan penting dalam rumah tangga. Memang, untuk memilih pemanas air yang ideal bagi kebutuhan dan biaya tidaklah mudah dan cenderung tidak praktis untuk dibawa, terutama bagi para mahasiswa yang jauh dari rumah atau menjadi anak kost .
Maka dari itu diperlukan suatu alat pemanas yang berguna bagi para penghuni kost yang jauh dari rumah, tentunya di pasaran sudah terdapat alat pemanas tersebut, namun kebanyakan tidak disertakan dengan kontrolnya atau alat yang mengatur elemen panas tersebut.
Dengan disertakannya alat kontrol atau alat pengatur tersebut sehingga seseorang dapat mengatur dengan mudah seberapa kehangatan yang ditentukan dengan tegangan berapa yang diinginkan, terkadang apabila dilihat dilapangan kebanyakan orang ingin kehangatan yang sesuai untuk diminum. Sambil mengetik seseorang dapat minum dan terkadang mendiamkan minuman hangat itu begitu saja . Maka minuman itu akan menjadi cepat dingin. Susu, kopi dan teh kurang bagus diminum saat dingin sehingga diperlukan suatu alat pengatur elemen panas tersebut. Maka diperlukannya suatu alat yang dapat menstabilkan hangat air minum tersebut agar selalu dalam keadaan seperti itu ,untuk mencegah terjadinya pendinginan pada air yang mau di hangatkan. Dengan alat pengatur ini kita dapat mengatur berapa tegangan yang di gunakan supaya sesuai dengan panas yang di kehendaki bagi pengguna .
Alat ini dipilih karena sangat jarang dilihat pada penghangat air biasa, cenderung penghangat biasanya tidak ada yang dapat diatur sesuai keinginan dan dapat menstabilkan hangatnya sesuai pada suhu lingkungan di sekitarnya dan dapat menyesuaikan pada umumnya .  
Selain mempunyai tujuan, tugas akhir ini juga memiliki manfaat dimana dengan alat ini terutama di daerah pegunungan di malam hari, terkadang pada suasana seperti itu mereka ingin sesuatu yang hangat, dan tidak mungkin bagi mereka untuk menghidupkan kompor lagi agar mendapatkan air hangat untuk menghangatkan sedikit minuman.
1.2       Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas dapat dirumuskan bagaimanakah Perancangan dan Pembuatan Alat Kontrol Penghangat Air Minum Berbasis Mikrokontroler Atmega8535?
1.         Bagaimana prinsip kerja penghangat air dengan pengatur suhu?
2.         Bagaimanakah Kinerja alat penghangat air dengan pengatur suhu?
1.3       Batasan Masalah
            Adapun batasan masalah dari pembahasan ini adalah :
1.      Mikrokontroler yang digunakan adalah ATMega8535
2.         Sensor suhu yang digunakan adalah LM 35 untuk mengontrol suhu panas.
3.         Air yang digunakan adalah air sudah matang. Namun tidak menutup kemungkinan dapat menggunakan air mentah namun dalam seting suhu yang tinggi.
1.4       Tujuan
            Adapun tujuan dari tugas akhir  ini adalah untuk mengembangkan secara khusus elemen panas yang biasanya terdapat di pasaran. Tujuan penulis mengambil judul ini sebagai tugas akhir dan merancang alat ini yaitu:
1.         Memaparkan prinsip kerja penghangat air dengan Control suhunya.
2.         Membuat penghangat air dengan  pengatur suhu .
3.         Menganalisis kinerja penghangat air dengan pengatur suhu.
1.5       Manfaat
Selain mempunyai tujuan, tugas akhir ini juga memiliki manfaat dimana dengan alat ini akan mempermudah bagi anak kost untuk mencari penghangat air yang dapat diatur sesuai keinginan dengan tampilan suhu di LCD serta dapat bermanfaat untuk pengembangan alat yang sudah ada. Selain mempunyai tujuan, tugas akhir ini juga memiliki manfaat dimana dengan alat ini terutama di daerah pegunungan di malam hari, terkadang pada suasana seperti itu mereka ingin sesuatu yang hangat, dan tidak mungkin bagi mereka untuk menghidupkan kompor lagi agar mendapatkan air hangat untuk menghangatkan sedikit minuman.
1.6       Sistematika Penulisan
            Dalam penulisan tugas akhir dengan judul Perancangan dan Pembuatan Alat Kontrol Penghangat Air Minum Berbasis Mikrokontroler Atmega8535ini terdiri dari 5 (lima) bagian utama yang masing – masing dijelaskan sebagai berikut:
BAB I       :     Membahas mengenai latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat, dan sistematika penulisan.
BAB II          :     Memuat teori-teori yang digunakan sebagai acuan dalam perancangan alat.
BAB III         :     Membahas perancangan dan pembuatan perancangan dan pembuatan alat penstabil panas air minum berbasis atmega8535, yang meliputi perancangan rangkaian, perancangan program dan konstruksi.
BAB IV         :     Membahas hasil pengujian rancangan alat yang telah dibuat serta menganalisanya. 
BAB V           :      Membahas kesimpulan dan saran.









No comments:

Post a Comment