Monday, December 10, 2012

SELEMADEG TINGKATKAN PBM DENGAN KKG




SELEMADEG TINGKATKAN PBM DENGAN KKG
 


Pengembangan KKG dan MGMP memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan melalui pelatihan, penelitian, penulisan karya ilmiah, dan kegiatan profesional lainnya. Kegiatan tersebut sangat dimungkinkan dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru (KKG), atau di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengingat wadah ini dijadikan sebagai tempat melakukan pertemuan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran sejenis.
Berkaitan dengan peran forum pertemuan guru di KKG atau MGMP yang sangat strategis untuk peningkatan kompetensi guru dan kinerja guru, maka pemberdayaan KKG atau MGMP merupakan hal mendesak yang harus segera dilakukan. Berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru, antara lain melalui berbagai pelatihan instruktur, peningkatan sarana dan prasarana, dan peningkatan mutu manajemen KKG atau MGMP.
Kelompok Kerja Guru (KKG) menjadi wadah pengembangan profesi bagi guru masih mempunyai banyak kendala dalam mewujudkan peranan yang sesungguhnya sebagai wadah pengembangan profesi. Faktor keanggotaan (peserta KKG) sebagian masih memandang bahwa pertemuan dalam KKG hanya sebagai rutinitas belaka, disamping itu para anggota hanya sebagian kecil yang aktif dan rutin mengikuti kegiatan di KKG.
            Bertempat di sd 2 brembeng Ds. Gablogan (10/9) diadakannya kelompok kerja guru, yang dihadiri oleh I wayan sudika, S.pd. yang menjabat sebagai pengawas TK dan SD sekecamatan selemadeg. Dalam kegiatan KKG kali ini bertujuan untuk membahas materi atau kendala dalam PBM (Proses Belajar Mengajar, RED) suatu permasalahan yang ada di saat melakukan PBM tersebut, tungkas Wayan Sudika. Selain daripada itu juga melengkapi administrasi PBM di masing sekolah kususnya di kecamatan selemadeg ini.
Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap bulan sekali. Penanggungjawabnya dan sebagai ketua gugus ialah I Made Sudana,S.Ag. juga sebagai narasumber. Gugus II kecamatan Selemadeg ini yang bertempat di SD 2 Berembeng. Yang terdiri dari SD 1 Berembeng , SD 2 Berembeng sebagai intinya, SD 1 Selemadeg, SD 2 Selemadeg, dan SD 1 Serampingan.
  Kegiatan kelompok kerja guru ini dilaksanakan pada jam 10.00-12.15 wita. Dilaksanakan di gugus II yang bertempat di SD 2 Berembeng. Untuk kelas I & II dilaksanakan pada 10 s/d 5 Oktober dengan pemateri Wayan Suarma,S.,Pd.,H. dan Ni Wayan Sunarmiasih.,S.Pd.,SD yang juga menjabat sebagai Kepala sekolah SD 1 Berembeng. Untuk kelas III &  guru penjas dilaksanakan pada tanggal 11 September , 4 Oktober, dan 16 Oktober yang sebagai pemandunya adalah I Wayan. Suarma.,S.Pd.H. kepala sekolah dari SD 1 Serampingan. Kelas IV diadakan pada tanggal 12 September, 13 Oktober, dan 17 Oktober yang di pandu oleh I Ketut Sindia S.Ag. merupakan kepala SD 1 Selemadeg. KKG kelas V diadakan 13 September, 2 Oktober, dan 18 Oktober yang sebagai pemandunya adalah I Wayan Sumarjaya,S.Pd. yang juga menjabat sebagai Kepala SD 2 Selemadeg. Yang terakhir guru kelas VI di tambah guru agama KKG dilaksanakan pada  tanggal 14 September, 25 September dan 19 Oktober yang dipandu oleh I Made Sudana.,S.,Ag. Merupakan Kepala sekolah SD 2 Berembeng.
Kegiatan ini di ikuti oleh 1 guru kelas I dan II setiap sekolah pada wilayah gugus II sesuai jadwal K3S, yang dilaksanakan di kecamatan Selemadeg pada semester I tahun ajaran 2012/2013. Dengan diadakannya kegiatan diharapkan mendapat hasil peningkatkan PBM pada masing-masing sekolah di wilayah Selemadeg tungkas I Wayan Sudana kepada TPI. (dnr)

No comments:

Post a Comment