Monday, December 10, 2012

TINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELALUI KKG



SD 1 Berembeng
TINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELALUI KKG


Sekolah dasar adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat ini murid kelas 6 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan sekolah dasar dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama (atau sederajat).
SD Negeri 1 Berembeng merupakan sekolah dasar yang terletak di kecamatan selemadeg kabupaten tabanan. Sekolah yang merupakan hampir dekat dengan pantai ini ternyata memiliki kesan harmonis dengan masyarakat sekitar, itu dilihat dengan sesampainya disana sudah disambut dengan ramah oleh anak – anak pengucapan panganjali Om Swastyastu. Dengan keadaan masih sederhana siswa bersemangat melakukan kegiatan belajarnya.
Saat memasuki halaman sekolah terlihat anak-anak kelas 5 yang sedang bermain permainan benteng untuk mengisi waktu kosong mereka di lapangan. Dan siswa yang lainnya sedang mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya. Saat libur galungan dan kuningan sekolah mengisi dengan sembahyang bersama pada saat hari raya dan melakukan piket harian di masing masing kelas.  Sekolah yang bertempat di banjar cekik desa berembeng kecamatan selemadeg ini di pimpin oleh Ni Wayan Sunarmiasih.,S.Pd.,SD. Sekolah yang sudah berdiri sejak 01 agustus 1965 ini memiliki visi sekolah yakni “mewujudkan anak-anak yang : cerda, berprestasi, berdisiplin, dan berbudi pekerti yang luhur” ungkap kepala sekolah Ni Wayan Sunarmiasih.,S.Pd.,SD., yang ditemui di sekolahnya (10/09) di kawasan alam banjar Cekik desa Berembeng.
Selama menjabat sebagai kepala sekolah, banyak kendala-kendala yang di hadapi Sunarmiasih dalam melaksanakan program sekolah. Diantaranya kurangnya tenaga guru pengajar yang semestinya 6 guru akan tetapi Cuma 3 guru, selain daripada itu sarana prasana yang kurang dan guru IT yang kurang ungkap sunarmiasih kepada TPI. Kiat-kiat yang akan dilaksanakan dari SD 1 Berembeng yakni prestasi meningkat dan mutu SDM di tingkatkan dengan mengikuti KKG ( Kelompok Kerja Guru, RED).
Dalam bidang non akademik SD 1 Berembeng pernah meraih juara 1 lomba gerak jalan tingkat SD pada tahun 2009. Dengan metode pengajaran yang masih kurang beragam, SD 1 Berembeng memiliki tujuan meningkatkan kemapuan guru dengan mengikuti KKG. Dengan mengaktifkan KKG inilah penanganan yang diperlukan untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan sekolah. (dwe)
 


No comments:

Post a Comment