Pengertian Listrik

Sebelum Kita mempelajari lebih jauh kita harus ketahui dulu apa itu listrik? mungkin setiap orang tau tapi tidak dapat disentuh tapi sangat bermanfaat dan juga sangat berbahaya. Tergantung dari sisi mana kita dapat menggunakan listrik tersebut. Mengapa kita harus mengenal tentang listrik? Karena Ilmu Elektronika adalah bagian dari ilmu listrik.

Tegangan Listrik

Didalam Muatan listrik terdapat pada zat dapat di gerakkan dan akhirnya menghasilkan arus listrik, hal ini karena adanya gaya yang menggerakkannya. Gaya listrik itulah yang dinamakan tegangan listrik adalah volt (v). Volt adalah singkatan dari voltage.

dalam menggunakan beberapa rumus dan simbol digunakan untuk kita ketahui bersama.  untuk lambang huruf internasional yang sering di gunakan untuk tegangan adalah 'U', bukan 'V'. Huruf V umumnya untuk menyantakan 'Volt'. Misalnya Ub = 10 V, bukan Vb = 10v. jadi jika anda menemukan rangkaian elektronika yang bertuliskan Ub, hal ini enunjukkan berapa tegangan yang di butuhkan untuk rangkaian tersebut.

Satuan tegangan listrik yang lebih besar adalah kilovolt dan megavolt.

1 kilovolt = 1.000 volt

1 megavolt = 1.000 kilovolt.

satuan tegangan listrik yang lebih kecil adalah : milivolt.

1 volt = 1.000 milivolt

Arus Listrik

Arus Listrik dalam penghantar adalah gerak elektron membawa muatan negatif, edangkan kita berpendapat arus listrik adalah muatan positif, dengan arah yang berlawanan. Listrik mengalirkan arus dari tegangan yang tinggi menuju ketegangan yang lebih rendah.

Benda yang dapat menghasilkan arus listrik disebut: Sumber Arus listrik. Misalnya Baterai, Aki, dinamo, dan sebagainya. Kuat arus adalah arus listrik yang mengalirkan melalui penghantar selama satu detik. Dimana satusn kuat arus adalah amperemeter (A).

Tahanan Listrik

Tahanan (Hambatan) listrik adalah suatu yang mengurangi arus listrik. Arus listrik yang mengalir melalui Konduktor akan mendapatkan tahanan dari kawat penghantar (konduktor) itu sendiri. Besarnya hambatan listrik di ukur dengan satuan Ohm.

Tegangan Listrik, tahanan dan kuat arus adalah besaran besaran listrik yang saling berpengaruh satu sama lain. Jika tegangan di naikkan maka arus yang mengalir pada rangkaian juga ikut naik, bila tegangan tetap tetapi tahanan beban naik maka arus listrik menjadai lebih kecil. Perhatikan di bawah ini:

I = Kuat Arus

V = Tegangan Listrik

R = Tahanan Beban



Daya Listrik

Daya listrik adalah besarnya energi listrik yang diperlukan oleh beban selama satu detik. Rumus energi listrik adalah :

W = V x I x T

W = Energi (Joule)

I = Kuat Arus (ampere)

V = Tegangan (Volt)

T = Waktu (detik)

Karena daya adalah energi selama satu detik berati t = satu detik. Sehingga rumus daya listrik adalah  P = VxI


AC dan DC

DC

DC merupakan singkatan dari "Direct Current" yang artinya arus searah. Sumber listrik arus searah adalah baterai kering, akumulator, adaptor, dan lainnya. di sebuat arus searah karena arus yang mengalir terus menerus dari kutub negatif ke kutub positif.


AC

AC adalah singkatan dari "Alternating Current" yang artinya arus bolak balik. Dikatakan arus bolak balik karena arus yang mengalir tidak tetap yaitu dari positif ke negatif dan dari negatif ke positif. Sumber Arus AC kita dapatkan darilistrik PLN dan Generator.





Comments