Cara membuat Flow Chart

Sebelum Kita membuat flowcahart terlebih dahulu kita harus sudah menguasai tentang algoritma. apa yang dimaksud dengan algoritma. banyak beberapa ahli yang telah menfinisikan makna atau arti dari algoritma namun secara sederhana yang mudah dan umum dipahami mengenai algoritma adalah urutan langkah langkah program kerja yang disusun secara logis dan sistematis. karakteristik dalam sebuah algoritma adalah tertata dengan baik, Jelas, dan dapat dihitung secara efektif. 

setelah kita membuat algoritma terdahulu yang ingin kita buat, barulah kita menyususun flowchart itu sendiri. apa yang dimaksud dengan flowchart? menurut ahli (Chapin,1970) flowchart merupakan sebuah alat grafis yang menjelaskan cara penyelesaian masalah penanganan informasi. dan flowchart merupakan sebuah diagram yang terdiri dari bentuk kotak, wajik, dan lainnya, terhubung oleh panah, tiap bentuk mewakili sebuah langkah atau proses dan panah menunjukan urutan.

Ada dua macam flowchart yang pertama sistwm flowchart yakni bagan yang memperlihatkan urutan prosedure dan proses dari beberapa file didalam media tertentu. kemudian yang kedua yaknik program flowchart yakni urutan instruksi yang digambarkan dengan simboltertentu untuk memecahkan masalah dalam satu program. dalam program plowchart ada dua jenis metode yang harus di pelajari yakni:

a. conceptual flowchart menggambarkan alurmasalah secara global,
b. detail flowchart menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci.


Simbol Simbol dalam flowchart yang wajib dipelajari ialah:


Comments