IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN PC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ2 SMK NEGERI 3 SINGARAJA

I Dewa Nyoman Narayana Prasada ., Nyoman Santiyadnya,S.Si, M.T. ., Ketut Udy Ariawan, ST., MT. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang di dapat setelah menerapkan metode pembelajaran project based learning. Adapun obyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ2 di SMKN 3 Singaraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, Dokumentasi dan tes pilihan ganda. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek, objek penelitian mengalami perbaikan yang signifikan dalam pembelajaran mereka dalam siklus kedua. Penguasaan prosentase meningkat dari 28,58% dengan rata-rata nilai dari 66,31 pada siklus I menjadi 79,10 dengan ketuntasan 85,71% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran merakit personal PC ini dengan menggunakan metode Project Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Project Based Learning, siswa, hasil belajar.

This study aims to examine improvements of learning results after applying project based learning method. The objects of this research are 10th grade students of computer network Department at SMKN 3 Singaraja, the year 2013. Data collection techniques used interview, documentation and test. Meanwhile, data analysis tehnique used is descriptive quantitative technique. The results showed that after implementing project-based learning method, the object of the study experienced significant improvement in their learning in a second cycle. Mastery percentage increase of 28.58% with an average value of 66.31 in the first cycle to 79.10 with 85.71% mastery on the second cycle. It is concluded that project-based learning can improve students’ mastery in PC assembly.
keyword : Project-Based Learning, students, learning outcomes

Comments