CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) INFORMATIKA



Sekolah                                   : SMP Negeri 2 Mengwi
Mata Pelajaran                        : Informatika
Materi Pokok                          :   1. Aplikasi Pengolah Angka Dan Objek-Objeknya, Formula 
2.   Rumus, Ekspresi, Perhitungan Ekspresi, Fungsi Penting
Kelas/Semester                        : VII/Satu
Alokasi Waktu                        : 2 Pertemuan (4 JP)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
VII-3.3.] Mengenal data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta mengaksesnya.
[VII-3.3.] Siswa mampu mengenali ekspresi numerik, ekspresi prefix pada rumus pengolah angka

[VII-4.3.] Membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus dan hasil pemakaian beberapa fungsi.
[VII-4.3.] Siswa mampu menghasilkan sebuth spreadsheet untuk tujuan yang ditentukan, dengan spesifikasi yang diberikan

* Nilai karakter :
            Religius, Mandiri, Gotong royong, Integritas

C.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.         Mengidentifikasi berbagai aplikasi pengolah angka yang terdapat di dalam kehidupan sehari – hari.

D.  Materi Pembelajaran
1.    Materi Reguler
a.       Pengertian aplikasi pengolah angka
b.      Jenis jenis aplikasi pengolah angka
c.       Menu dan ikon pada aplikasi pengolah angka

2.    Materi Pengayaan
Menu dan ikon pada aplikasi pengolah angka

3.    Materi Remedial
Jenis jenis aplikasi pengolah angka

E.     Media Bahan dan Alat
1.      Media:
a.       Video Jenis jenis aplikasi pengolah angka

2.      Alat:
a.         Perangkat Keras, dan Program Aplikasi pengolah Angka

3.      Sumber Belajar:
a.         Buku: Ayo Belajar Informatika
b.        Buku Referensi: Ayo Belajar Informatika

F.     Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan saintifik
2.    Model Pembelajaran Inkuiri

G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2 JP
1.   Pendahuluan(10 menit)
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.    Memberikan motivasi
       Melalui tayangan video tentang pentingnya penggunakan perangkat komputer dan fungsinya dalam berbagai kehidupan.
c.    Melakukan Apersepsi
       Berdasarkan tayangan video, guru bertanya kepada peserta didik tentang keterkaitan penggunaan perangkat komputer dan piranti lainya dalam kegiatan kehidupan sehari-hari sebagai rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
d.    Menyampaikan Tujuan pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, serta menghidupan dan mematikan perangkat komputer dan piranti lainya.


2.   Kegiatan inti Pertemuan 1 (60 menit)
a.      Mengamati
    • Mengamati  tayangan tentang  Video  Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
b.      Menanya
    • Merumuskan pertanyaan dari tayangan tersebut tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
·         Hasil dari rumusan pertanyaan peserta didik di diskusikan dalam kelompok  untuk dijadikan sebagai rumusan kelompok.
c.       Mengumpulkan informasi
    • Melalui diskusi dan hasil rumusan pertanyaan kelompok peserta didik mencari literasi tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer. (buku, internet, dan sumber lain)
d.      Mengasosiasi/ mengolah informasi
    • Melalui diskusi kelompok peserta didik membuat kesimpulan  tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
e.       Mengkomunikasikan
    • Setiap kelompok menyajikan  hasil kesimpulan  tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
·         Menuangkan  kedalam kertas plano (media lainnya) dan mempresentasikan ke kelompok lain
·         Kelompok lain dapat memberikan tangapan atas hasil kesimpulan dan   presentasi yang disajikan oleh kelompok.
f.        Mencipta
·         Menghidupkan dan mematikan perangkat komputer sesuai prosedur
·         Menghidupkan dan mematikan piranti lainnya. (seperti HP, Tablet, dsb.)

3.   Kegiatan Penutup Pertemuan 1 (10 menit)
a.    Simpulan
    • Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
    • Peserta didik diberikan arahan tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
b.    Evaluasi
    • Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.




c.    Refleksi
    • Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberiwawasan lebih pada peserta didik.
d.    Tindak Lanjut
    • Peserta didik diberi tugas membaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
e.    Penutup
·      Berdo’a dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.


1.    Pertemuan Pertama: 2 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
·         Memberikan motivasi
Melalui tayangan video tentang pentingnya penggunakan perangkat komputer dan fungsinya dalam berbagai kehidupan.
·         Melakukan Apersepsi
Berdasarkan tayangan video, guru bertanya kepada peserta didik tentang keterkaitan penggunaan perangkat komputer dan piranti lainya dalam kegiatan kehidupan sehari-hari sebagai rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·         Menyampaikan Tujuan pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, serta menghidupan dan mematikan perangkat komputer dan piranti lainya.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu pembelajaran tentang pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, serta menghidupan dan mematikan perangkat komputer dan piranti lainya.
·         Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilian sikap (nilai karakter), penilaian pengetahuan dengan menggunakan teknik tes tertulis dan penilaian keterampilan dengan  teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu penilaian Tes Tertulis dan Tes Praktik.

b.      Kegiatan Inti (60 menit)

   Peserta didik melakukan pengamatan video dan berbagai macam-macam interaksi dengan komputer dan piranti masukan/keluar
   Merumuskan pertanyaan
Dari hasil pengamatan peserta didik melakukan   kegiatan diskusi kelompok  merumuskan  pertanyaan tentang  macam-macam interaksi dengan komputer dan piranti masukan/keluar
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait macam-macam interaksi dengan komputer dan piranti masukan/keluar
1.      Apakah yang dimaksud perangkat komputer dan piranti masukan/keluar? (pengetahuan konsep)
2.      Apakah fungsi dan kegunaan komputer dan piranti masukan/keluar? (pengetahuan faktual)
3.      Perangkat yang termasuk piranti masukan? (pengetahuan faktual)
4.      Perangkat yang termasuk piranti Keluaran? (pengetahuan faktual)
5.      Bagaimanakah bentuk interaksi komputer dan piranti masukan/keluar? (pengetahuan konseptual)
6.      Bagaimanakah cara kerja interaksi komputer dan piranti masukan/keluar )

·           Berdasarkan rumusan pertanyaan yang telah dihasilkan Peserta didik dalam kelompoknya merencanakan prosedur pengumpulan dan analisis data, dengan menentukan sumber bahan, alat bantu, dan tempat serta pembagian tugas untuk melakukan pencarian informasi..

·           Mengumpulkan fakta dan menganalisis data
Peserta didik dalam kelompok, mencari jawaban  atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan membaca buku siswa, membaca buku referensi yang diperoleh siswa dari perpustakaan, browsing internet dan handout materi ajar untuk  menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam mendapatkan data/informasi, diantaranya tentang: interaksi komputer dan piranti masukan/keluar

·           Menarik kesimpulan
Peserta didik  melakukan diskusi kelompok dengan bimbingan guru menggunakan data yang telah dikumpulkan untuk menjawab semua pertanyaan yang telah dirumuskan kemudian menyimpulkannya. Sebagai contoh, peserta didik menyimpulkan bahwa macam-macam interaksi komputer dan piranti masukan/keluar berhubungan dengan fungsi perangkatnya.

·           Aplikasi dan tindak lanjut
Peserta didik berdasarkan hasil kesimpulan  yang telah dirumuskan melakukan presentas, kelompok dapat mengidentifikasi macam macam  interaksi komputer dan piranti masukan/keluar

c.       Kegiatan Penutup (10 menit)

       Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai macam macam interaksi komputer dan piranti masukan/keluar
       Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati fenomena macam macam interaksi komputer dan piranti masukan/keluar, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara membaca buku siswa dan beberapa referensi tentang  macam macam interaksi komputer dan piranti masukan/keluar
       Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberikan penguatan terhadap simpulan hasil belajar yang telah dilakukan peserta didik
       Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai tugas yaitu observasi macam macam interaksi komputer dan piranti masukan/keluar yang disekitar lingkungan.
       Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya


Comments