Sekolah : SMP Negeri 2 Mengwi
Mata
Pelajaran : Informatika
Materi Pokok : 1. Aplikasi Pengolah Angka Dan Objek-Objeknya, Formula
2. Rumus, Ekspresi, Perhitungan
Ekspresi, Fungsi Penting
Kelas/Semester : VII/Satu
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (4 JP)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
VII-3.3.] Mengenal
data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta
mengaksesnya.
|
[VII-3.3.]
Siswa mampu mengenali ekspresi numerik, ekspresi prefix pada rumus pengolah
angka
|
[VII-4.3.] Membuat sebuah
sheet yang mengandung data, rumus dan hasil pemakaian beberapa fungsi.
|
[VII-4.3.]
Siswa mampu menghasilkan sebuth spreadsheet untuk tujuan yang ditentukan,
dengan spesifikasi yang diberikan
|
* Nilai karakter :
Religius, Mandiri,
Gotong royong, Integritas
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik
dapat:
1.
Mengidentifikasi berbagai aplikasi pengolah angka yang
terdapat di dalam kehidupan sehari – hari.
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi Reguler
a. Pengertian aplikasi
pengolah angka
b. Jenis jenis aplikasi
pengolah angka
c. Menu dan
ikon pada aplikasi pengolah angka
2.
Materi Pengayaan
Menu dan ikon pada aplikasi pengolah angka
3.
Materi Remedial
Jenis jenis aplikasi pengolah angka
E.
Media Bahan dan Alat
1.
Media:
a. Video Jenis jenis aplikasi
pengolah angka
2. Alat:
a.
Perangkat Keras, dan Program Aplikasi pengolah Angka
3.
Sumber Belajar:
a.
Buku: Ayo Belajar Informatika
b.
Buku Referensi: Ayo Belajar Informatika
F.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan saintifik
2. Model Pembelajaran
Inkuiri
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2 JP
1. Pendahuluan(10
menit)
a. Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b. Memberikan motivasi
Melalui tayangan video tentang pentingnya penggunakan perangkat komputer dan fungsinya dalam
berbagai kehidupan.
c.
Melakukan Apersepsi
Berdasarkan tayangan video, guru bertanya
kepada peserta didik tentang keterkaitan penggunaan perangkat komputer
dan piranti lainya dalam kegiatan kehidupan sehari-hari sebagai rasa syukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa
d. Menyampaikan Tujuan
pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang pemfungsian
perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, serta menghidupan dan
mematikan perangkat komputer dan piranti lainya.
2. Kegiatan inti
Pertemuan 1 (60 menit)
a.
Mengamati
- Mengamati
tayangan tentang Video Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan
komputer.
b.
Menanya
- Merumuskan pertanyaan dari tayangan tersebut
tentang Perangkat
komputer, Sistem
Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
·
Hasil dari rumusan pertanyaan peserta didik di diskusikan dalam
kelompok untuk dijadikan sebagai rumusan
kelompok.
c.
Mengumpulkan informasi
- Melalui diskusi dan hasil rumusan pertanyaan
kelompok peserta didik mencari literasi tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program
Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer. (buku, internet, dan sumber lain)
d.
Mengasosiasi/ mengolah informasi
- Melalui diskusi kelompok peserta didik membuat
kesimpulan tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program
Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
e.
Mengkomunikasikan
- Setiap kelompok menyajikan hasil kesimpulan tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program
Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
·
Menuangkan kedalam kertas plano (media lainnya) dan mempresentasikan ke kelompok
lain
·
Kelompok lain dapat memberikan tangapan atas hasil kesimpulan dan presentasi yang disajikan oleh kelompok.
f.
Mencipta
·
Menghidupkan dan mematikan perangkat komputer sesuai
prosedur
·
Menghidupkan dan mematikan piranti lainnya. (seperti
HP, Tablet, dsb.)
3. Kegiatan Penutup
Pertemuan 1 (10 menit)
a. Simpulan
- Peserta didik
dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program
Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
- Peserta didik
diberikan arahan tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan
komputer.
b. Evaluasi
- Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik
tentang Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan Program Aplikasi cara
Mematikan dan menghidupkan komputer.
c. Refleksi
- Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan
pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik,
menyenangkan dan memberiwawasan lebih pada peserta didik.
d. Tindak
Lanjut
- Peserta didik diberi tugas membaca buku dan literatur
lain yang berkaitan dengan Perangkat komputer, Sistem Operasi, dan
Program Aplikasi cara Mematikan dan menghidupkan komputer.
e. Penutup
·
Berdo’a
dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.
1.
Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Berdoa
dan mengecek kehadiran peserta didik.
·
Memberikan
motivasi
Melalui tayangan video tentang pentingnya penggunakan
perangkat komputer dan fungsinya dalam berbagai kehidupan.
·
Melakukan Apersepsi
Berdasarkan tayangan video,
guru bertanya kepada peserta didik tentang keterkaitan penggunaan
perangkat komputer dan piranti lainya dalam kegiatan kehidupan sehari-hari sebagai rasa syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·
Menyampaikan Tujuan pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang pemfungsian
perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, serta menghidupan dan
mematikan perangkat komputer dan piranti lainya.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu pembelajaran tentang pemfungsian perangkat keras dan sistem
operasi, serta aplikasi, serta menghidupan dan mematikan perangkat komputer dan
piranti lainya.
·
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilian
sikap (nilai karakter), penilaian pengetahuan dengan menggunakan teknik tes
tertulis dan penilaian keterampilan dengan
teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu penilaian Tes
Tertulis
dan Tes Praktik.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
— Peserta didik melakukan pengamatan video dan berbagai macam-macam interaksi
dengan komputer dan piranti masukan/keluar
— Merumuskan pertanyaan
Dari hasil pengamatan
peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok merumuskan pertanyaan tentang macam-macam interaksi dengan komputer dan piranti
masukan/keluar
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan
tentang hal-hal yang belum diketahui terkait macam-macam interaksi dengan
komputer dan piranti masukan/keluar
1. Apakah yang
dimaksud perangkat
komputer dan piranti masukan/keluar? (pengetahuan konsep)
2. Apakah fungsi dan kegunaan
komputer dan piranti masukan/keluar? (pengetahuan faktual)
3. Perangkat yang
termasuk piranti masukan?
(pengetahuan faktual)
4. Perangkat yang
termasuk piranti Keluaran?
(pengetahuan faktual)
5. Bagaimanakah bentuk interaksi
komputer dan piranti masukan/keluar? (pengetahuan konseptual)
6. Bagaimanakah cara kerja interaksi
komputer dan piranti masukan/keluar )
·
Berdasarkan rumusan pertanyaan yang telah dihasilkan Peserta
didik dalam kelompoknya merencanakan prosedur pengumpulan dan analisis data,
dengan menentukan sumber bahan, alat bantu, dan tempat serta pembagian tugas
untuk melakukan pencarian informasi..
·
Mengumpulkan fakta dan menganalisis data
Peserta didik
dalam kelompok, mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan membaca buku
siswa, membaca buku referensi yang diperoleh siswa dari perpustakaan,
browsing internet dan handout materi
ajar untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan dalam mendapatkan data/informasi, diantaranya tentang: interaksi
komputer dan piranti masukan/keluar
·
Menarik kesimpulan
Peserta didik melakukan diskusi kelompok dengan bimbingan guru menggunakan data yang
telah dikumpulkan untuk menjawab semua pertanyaan yang telah dirumuskan
kemudian menyimpulkannya. Sebagai contoh, peserta didik menyimpulkan bahwa macam-macam
interaksi komputer dan piranti masukan/keluar berhubungan dengan fungsi
perangkatnya.
·
Aplikasi dan tindak lanjut
Peserta
didik berdasarkan hasil kesimpulan yang
telah dirumuskan melakukan presentas, kelompok dapat mengidentifikasi macam
macam interaksi komputer dan piranti
masukan/keluar
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
•
Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai macam macam interaksi
komputer dan piranti masukan/keluar
•
Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
(yaitu kegiatan mengamati fenomena macam macam interaksi komputer dan piranti
masukan/keluar,
merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara membaca buku siswa dan
beberapa referensi tentang macam macam
interaksi komputer dan piranti masukan/keluar
•
Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberikan
penguatan terhadap simpulan hasil belajar yang telah dilakukan peserta didik
•
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai tugas yaitu observasi macam macam interaksi
komputer dan piranti masukan/keluar yang disekitar lingkungan.
•
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada
pertemuan berikutnya
Comments
Post a Comment