contoh membuat latar belakang PPL



1.1.             Latar Belakang
     Peningkatan mutu pendidikan, khususnya pada tingkat sekolah telah menjadi kebijaksanaan pemerintah yang harus diwujudkan dengan sebaik- baiknya. Usaha ini di laksanakan dalam rangka peningkatan kwalitas sumber daya manusia untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.
Pendidikan komponen penting dalam kehidupan. Semakin tinggi kualitas pendidikan sebuah bangsa maka semakin cepat bangsa tersebut untuk menguasai IPTEK dan berimbas pula pada kemajuan bangsa tersebut. Sebuah bangsa akan mencapai kemajuan berdasarkan tingkat penguasaan IPTEKnya yang hanya bisa dicapai dengan adanya pendidikan yang memadai. Pendidikan memberikan manfaat yang luar biasa dalam menghadapi arus kehidupan yang semakin hari semakin kompleks. Di tengah era globalisasi ini, pendidikan dapat menjadi dasar dan acuan untuk bisa bersaing dalam berbagai bidang kehidupan. Pendidikan yang dapat membentuk pribadi manusia yang berbudi luhur.
Dalam pendidikan, terdapat beberapa komponen yang membentuk suatu sistem. Komponen-komponen tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Salah satu komponen penting dalam pendidikan adalah tenaga pengajar atau guru. Tenaga pengajar atau guru memegang peranan yang sangat vital dalam pelaksanaan pendidikan. Tenaga pengajar atau guru ibarat media yang bertugas memberikan informasi sebanyak-banyaknya demi kelangsungan pendidikan. Banyak orang mengatakan bahwa guru itu digugu dan ditiru. Jadi, tenaga pengajar atau guru yang berkualitas dan profesional sangat diperlukan demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas pula.
Sejalan dengan hal di atas, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja hadir sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Sebagai lembaga yang bergerak dalam ‘mencetak’ tenaga pendidik, Undiksha memiliki misi utama untuk mendidik tenaga pendidik yang profesional. Salah satu bentuk upaya untuk mewujudkan misi tersebut yakni dengan meningkatkan kualitas mahasiswa calon guru. Hal tersebut dilakukan dengan menerapkan Program Pengenalan Lapangan atau PPL yang pelaksanaannya bekerja sama dengan sekolah-sekolah mitra. Program Pengenalan Lapangan atau PPL terdiri dari dua yakni Program Pengenalan Lapangan Lebih Awal (PPL-Awal) dan Program Pengenalan Lapangan Real (PPL-Real).
PPL-Awal yang disebut juga Program Pengenalan Lingkungan (Propeling) dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru yang profesional dapat mengenal lingkungan fisik dan nonfisik yang harus dipahami dan dialami secara dini. Selain itu, PPL-Awal ini wajib diikuti oleh mahasiswa karena merupakan prasyarat agar dapat mengikuti Pengajaran Mikro (Micro Teaching) dan PPL-Real. PPL-Awal dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang lingkungan sekolah baik fisik maupun nonfisik, sikap dan pola tingkah laku siswa (di dalam dan luar kelas), persiapan dan pelaksanaan proses belajar mengajar, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kegiatan ini dilakukan dengan observasi, wawancara dengan seluruh warga sekolah tempat pelatihan, diskusi, dan ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan (kecuali mengajar).
Kegiatan PPL-Awal ini memberikan bekal berupa pengalaman tentang berbagai aspek yang harus dipahami dan dialami sebagai calon guru yang profesional. Semua pengalaman tersebut akan mempermudah mahasiswa baik untuk melaksanakan Pengajaran Mikro, PPL-Real, maupun setelah menjadi seorang tenaga pengajar atau guru nantinya. Oleh karena itu, kegiatan PPL-Awal begitu penting untuk dilaksanakan dan diikuti oleh mahasiswa yang nantinya akan menjadi seorang tenaga pendidik atau guru.  

Comments